Rabu, 25 April 2012

Teknologi dan Pendidikan

Hasil diskusi

Clara Clearesta (11-114)

Kelas Psikologi Pendidikan kali ini, membahas mengenai teknologi dan pendidikan dilihat dari kenyataan yang ada saat ini. Nah untuk membahas topik ini, kami diminta untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut
1. Dimana persinggungan antara tekhnologi dan pendidikan?
2. Berdasarkan penggunaan internet di kelas setiap grade menurut standarisasi, bandingkan dengan pendidikan di Indonesia khususnya di Medan atau berdasarkan pengalaman!
3. Ubiquitous Computing. Bagaimana pandangan sebagai mahasiswa yang mempelajari psikologi pendidikan?
Jadi, inilah hasil diskusi kami..


1. Dimana Persinggungan Antara Teknologi Dan Pendidikan ?


Teknologi memiliki peranan yang penting dalam dunia Pendidikan terutama di zaman yang modern seperti sekarang ini. Hal ini dapat kita lihat dalam Kurikulum Pendidikan sekarang yang mulai memasukkan teknologi sebagai salah satu mata pelajaran disekolah, sehingga anak-anak dapat menyadari manfaat teknologi, memahami dan mengaplikasikannya. Contohnya dapat kita lihat pada dunia Pendidikan anak SD dimana anak-anak tersebut menggunakan aplikasi komputer berupa games untuk memahami mata pelajaran Matematika. Games tersebut menantang anak-anak untuk menyelesaikan sebuah misi sampai level tertinggi, setiap level memiliki musuh yang harus dilawan dengan menjawab pertanyaan seputar matematika. Dengan begitu anak-anak lebih tertarik untuk mempelajari matematika yang terkesan sulit dan tidak menarik.

2. Penggunaan Internet Dikelas Setiap Grade Menurut Standarisasi . Bandingkan Dengan Pendidikan Di Indonesia Khususnya Di Medan Atau Berdasarkan Pengalaman !

Menurut kami pendidikan di Indonesia saat ini sudah memenuhi standar untuk murid yang “Melek Teknologi” berdasarkan International Society for Technology in Education. Hal ini dapat dilihat pada anak-anak yang masih duduk dibangku pra sekolah sudah mulai diajak untuk mengenal teknologi hingga saat mereka duduk dibangku SMA, mereka sudah tidak asing lagi dengan penggunaan teknologi terutama didalam dunia pendidikan seperti internet. Contohnya : seorang anak SD yang diberi tugas oleh gurunya untuk mencari jenis-jenis tarian tradisional di Indonesia beserta pakaian adatnya. Untuk mengenal lebih langsung pakaian adat dan jenis tarian adat tersebut, si anak dapat meilhat dan mencari nya di internet. Bahkan si anak juga dapat mempelajari tarian tradisional dengan melihat video-video tari dari internet.

3. Ubiquitous Computing. Bagaimana Melihatnya Sebagai Mahasiswi Yang Mempelajari Psikologi Pendidikan ?

Ubiquitous Computing adalah zaman dimana distribusi komputer lebih menekankan kepada lingkungan daripada ke personal.
Menurut pandangan kami sebagai mahasiswa yang mempelajari Psikologi Pendidikan, Ubiquitous Computing cukup baik dalam membantu perkembangan pendidikan dunia. Seperti jejaring sosial Facebook, yang bisa membantu menghubungkan kita dengan orang-orang diseluruh dunia tanpa harus menghabiskan biaya yang mahal, serta membantu kita berkomunikasi dengan teman-teman lama. Contoh lainnya bisa juga Skype.
Intinya Ubiquitous Computing lebih baik dibandingkan dengan zaman teknologi sebelumnya karena dapat mengatasi masalah sosial akibat dari perkembangan zaman.
Aplikasi nya dalam pendidikan misalnya kuliah online, disini dosen tidak harus mengabsen mahasiswanya dengan bertatap muka, tetapi cukup dengan menyuruh mahasiswanya membuka group facebook M.K Pendidikan kemudian mencantumkan nama dan nim nya. Para mahasiswa dapat mengakses facebook dari smartphone, Tablet maupun hp yang mempunyai fasilitas browsing dimana saja dan kapan saja tanpa harus dari PC.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar